pizza homemadeSedihnyaa… jauh dari Pizza Hut. Kalau abang pengen pizza paling bisa beliin pizza bo’ongan aja. Yang rasanya kurang nendang dimulut dan diperut hehe. Kejunya seuprit dan doughnya tawar gitu rasanya 🙁

Termotivasi dari segala permintaan abang, akhirnya bundanya rajin eksekusi ini itu termasuk si Pizza ini. Udah pernah bikin yang pertama gagal doughnya, keras bu-ibu hihi. Dan manggangnya  kelamaan jadi keras deh.. abang ga bisa gigit :P. Mungkin efek dari ngadon yang juga ga bener, capek ngadonnya ya ternyata bikin dough. Duuh.. kalu diminta abang bikin donat udah angkat tangan :). Minta tolong bikinin temen aja kalo ini, kebetulan ada yang enak dan dijamin higienis.

Nah akhirnya eksekusi beberapa kali dapet juga tekstur yang pas dan rasanya yummy…. ga keras lagi dan yang pasti abang ketagihan. Bikin keju mozarella juga sendiri, gadungan ixix abis mihil yang asli mah. Dan rasanya enyaaak. Bikin dough malam berikutnya, disimpan dulu untuk stok besoknya.

Penasaran sama resepnya? yuk… coba dulu resep ini. Harus pantang menyerah ngadon Dough nya yaaa 🙂

Pizza Homemade
dimodif oleh : Bundane Zaidan :),.. me

Dough
250 gram protein tinggi (cakra)
50 gram tepung terigu protein rendah (segitiga biru)
5 gram ragi instang (Permifan)
1 sdm gula pasir
Air secukupnya kira-kira 125ml (adonan jangan terlalu lembek ataupun keras ya)
1 kuning telur
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
20 gram mentega

Cara membuat
1. campur bahan kering. Tepung terigu, permifan, baking powder, gula pasir dan garam. Aduk
2. masukkan telur, air.
3. aduk sebentar. mentega
4. adonan diaduk sampai kalis. dipukul-pukul sampai benar-benar adonan tidak menempel ditangan
5. Diamkan 30 menit sampai mengembang 2x lipat
6. kempiskan adonan. bagi 3 (kira-kira 200gram) atau bagi 2 gimana selera. gilas adonan bentuk bulat
7. tusuk-tusuk garpu. diamkan lagi 30menit sampai mengembang kembali
8. Panggan 5 menit untuk mematikan ragi. api atas bawah ya oven nya (terlebih dahulu dipanaskan dulu ovennya)
9. keluarkan dough, oles dengan topping (sesuai selera). Kalau saya saus sambal, saus bolognesse utk spagetti. Keju mozarella homemade, kemudian keju parut (bisa ditambahkan bawang bombay dan paprika ya kalo suka, saya ga pake lagi ga ada stok)
10. panggang kira2 15menit. atau sampai matang.

Yeaaay.. udah jadi deh

Leave a comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *