Seperti yang sudah aku janjikan beberapa waktu lalu, maka kali ini aku akan mencoba menjelaskan Model-model bisnis Interner Marketing berikut ini :

1. Berjualan produk milik sendiri
2. Berjualan jasa milik sendiri
3. Affiliate
4. Advertising
5. Site Flipping

Jadi, berdasarkan pengamatan hasil baca dan juga explorasi hihi lebay ya bahasanya :). Berikut ya penjelasan dan contoh-contoh bisnisnya

Berjualan Produk Milik sendiri > artinya pasti temen-temen udah paham ya? Jualan apapun yang bisa dijual dari ujung kaki sampai ujung rambut, rumah, mobil, dan lain sebagainya. Produk-produk ini bisa diperjualbelikan via INTERNET. Banyak cara dan tips berjualan online. Karena saat ini pengguna internet meningkat sangat cepat, maka ini menjadi peluang yang sangat besar bagi pedagang. Karena kita bisa menjual produk apapun keberbagai kota bahkan negara :).

Berjualan Jasa Milik sendiri > artinya dari segi pemasaran tentu sama ya via internet,kan namanya juga Internet Marketing hehe. Yang beda hanya ‘yang dijualnya’ saja. Yang ini kita jualan jasa. Coba deh cari, apa sih yang kamu bisa kerjakan untuk orang lain? Keahlian apa yang bisa kamu jual untuk orang lain? Misalnya : Membuat blog, membuat banner, menerima desain grafis, menerima jasa pengetikkan, jasa terjemahan, dll 🙂

Affiliate > banyak sekali yang mereview arti affiliate ini, kalo tanya om google banyak nemu artikel yang membahas mengenai affiliate. Tapi aku jelasin simple za ya :). Begini, Affiliate kalo dalam dunia perdagangan konvensional bisa diartikan juga sebagai reseller, perpanjangan tangan. Dimana mereka menjual barang ataupun jasa milik orang lain, dan jika terjadi penjualan melewati dia maka akan mendapatkan komisi tertentu. Misalnya : Kamu ga punya modal, tapi pengen dapet uang. Jadi affiliate za, jual produk dan jasa orang lain. Iklankan produk mereka hingga kita mendapatkan pembeli. Aku pun lebih seneng jadi Affiliate hehe. Tapi satu hal yang harus diperhatikan, lihat sipemilik barang dan jasa tersebut. Akurat dan Real keberadaannya 🙂 jadi kita tidak akan tertipu. Mudah ko cara bedaiinya :). Cara mempromosikan produk mereka gimana? sama aja ko kayak menjual produk sendiri. Mudah-mudahan bisa aku uraikan juga nanti ya cara-cara promosi online 🙂

Advertising > adalah bisnis pengiklanan. Dimana kita melakukan iklan untuk produk orang lain, dan jika iklan kita ada yang klik atau dari klik itu mendapatkan Leads maka kita mendapatkan komisi. Apa yang di klik ? Yang akan di klik adalah iklan atau halaman suatu website yang ditayangkan di internet atau di situs penyedia bisnis PTC. Nah kita memasang format iklan-iklan dari pelanggan PTC itu diwebsite kita, dan jika ada yg klik iklan tersebut di website kita. Maka kita mendapatkan komisi. Gitu deh simplenya :). Masih belum paham? hihi gapapa koo.. memang ilmu-ilmu begini kadang ga paham sekali baca hihi.. #pengalamanku maksudnya ya..

Site Flipping > Nah yang ini jaauh lebih canggih lagi hehe menurutku ya. Karena yang menekuni ini dibutuhkan keahlian khusus. Bisnis apa sih ini? Bisnis yang menjual website. Tentu website itu harus ada dulu sebelum dijual. Websitenya boleh kamu buat sendiri atau kamu beli dari orang lain kemudian dijual lagi hihi. Tapi, bagusnya sih buat sendiri ya biar modalnya juga minim, dan seringnya pembeli website kita itu butuh beberapa informasi penting berkenaan dengan Tool yang ada di website, dll. Nah, jika kitanya ga paham soal website gimana bisa jawab dan dipercaya calon pembeli? hehehe. Paling ga, kamu bisa jual blog kamu yang udah punya traffic bagus, templatenya menarik, dan kontennya memiliki keyword tertentu. Boleh dijual ditempat yang biasa jual website seperti www.flippa.com atau juga promo ditempat-tempat umum aja gapapa 🙂 karena di flippa harus bayar untuk registrasi. Bener-bener harus ahli. Simplenya deh, misalnya aku mau jual za deh blog aku yang ini 🙂 ya kalo blog aku dah termasuk bagus menurut calon pembeli mungkin laku ya, tapi kalo kurang bagus mana bisa dapet pembeli hihi. Tapi jangan nawar ya, ga akan dijual ko hahaha pede.

Nah temen-temen, gimana? dapet pencerahan ga dari penjelasanku diatas? AKu bukan ahli di 5 model bisnis diatas, tapi aku belajar untuk tahu masing-masing model bisnis itu. Jika ingin mendapatkan pembelajaran yang khusus silahkan cari orang-orang yang ahli dalam bidang-bidang tersebut. Banyak ko yang menjual ebook, mengadakan workshop, dll.

Selamat belajar. Mohon maaf jika ada salah-salah kata 🙂

One Response

Leave a comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *