Karena pengalaman beberapa waktu yang lalu yang cukup memakan waktu. Dapat cara ini dari mentor yang baik hati alhamdulillah. Akhirnya bisa dengan mudah membuat duplikat blog.

Apa sih Duplikat Blog/Cloning  Blog ini, yaitu salah satu cara untuk membuat blog yang sama persis dengan blog yang kita duplikasi. Dari mulai konten, plugin, sidebar/widget, theme, pokoknya semua sama persis.

Beda ga sih dengan export dan import blog? tentu beda. Kalo export blog hanya konten/artikel beserta gambar-gambarnya saja. Terkadang gambar pun ada yang failed import ke blog baru kita.

Nah bagi teman-teman yang kesulitan membuat blog baru, bisa menggunakan cara ini. Kemudian blog barunya bisa di edit sesuai keinginan kita. Kalau mau hapus konten, ya tinggal hapus saja. Tetapi plugin, dll bisa sama dengan web duplikasi kita.

Berikut ini caranya ya

1.  Masuk menu PLUGIN dan ADD NEW

2. Ketik nama plugin yang akan di install > WP CLONE BY WP ACADEMY

Slide2

3. Klik Install Now

Slide3

4. Aktifkan Plugin

Slide4

5. Masuk ke menu WP CLONE

Slide5

6. Checklist menu ‘CREATE BACK UP’. Klik ‘BACK UP’ dan OK di pop up page

Slide6

 

7. Setelah sukses proses back up, copy url dan simpan di file notepad

Slide7

8. Nah, setelah sukses simpan file clone. Link url ini bisa dipakai di blog baru kita. Dengan melakukan proses langkah ke 5 diatas. Tapi checklist RESTORE FROM URL. Paste url clone ke kolom tersebut. Checklist kotak I AGREE. Kemudian klik RESTORE FROM URL

Slide8

Gimana? mudah kah tutorial ini? pasti bisa dipraktekkan dengan cepet yaaa…

Semoga bermanfaat 😀

 

Leave a comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *