bolu jermanBolu Jerman ini teksturnya lembut dan halus kalau dilihat. Dan seperti namanya bolu ini berasal dari jerman sih katanya. Lebih lengkapnya kenapa dinamakan bolu jerman boleh tanya om gugle ya haha. Saya ga hapal soalnya.

Minggu lalu di grup FB memasak rame banget dengan hadirnya si Bolu Jerman ini. Entah siapa yang memulai duluan. Saya pun latah pengen bisa. Secara kalau dilihat dari resepnya kelihatan mudah. Dan si gula pasir hanya memakai sedikit saja. Ayahnya pasti suka

Akhirnya cari loyang bulet ditempat ‘terdalam’ hihi karena alat-alat seperti loyang dirapihkan udah lama banget

Untuk bahan semua ada didapur. Mudah banget deh keliatannya jadi percaya diri bisa buat kue ini meski sedikit khawatir gagal hehe

Resepnya memakai resep orang lain. Entah siapa, ga kenal soalnya. Tapi untuk menghargai hasil karya orang lain tentu kita harus mencantumkan nama penulis resepnya ya ☺.

Silahkan ikuti resep dan cara dari penjelasan berikut ini yah. Nanti saya tambahin sedkit.

Bolu jerman

Resep eba chan.

Bahan:
6 kuning telur
3 putih telur
100gr mentega cair
100gr gula pasir
60gr tepung terigu
35gr maezena
25gr susu bubuk
1/2 sdt emulsifier
1/2 sdt vanili
2 sdm air

Note: saya tambahkan sokade 3sdm,  namun tidak ditsburi dulu sedikit terigu jadi ngapung. Seharusnya ditaburi dulu sedikit terigu.

Cara buat:
1. Masukkan semua bahan kecuali mentega cair.
2. Mixer adonan selama 20 menit.
3. Taburi sokade dengan sedikit tepung terigu masukkan kedalam adonan2 kemudian aduk rata.
4. Masukkan sedikit sedikit mentega cair dan aduk rata dengan tehnik aduk balik.
5. Masukkan cetakkan yg sudah dioles margarin dan tabur terigu.
6. Oven dipanaskan 15 menit sebelumnya.
7. Panggang dengan suhu 150 selama 25 menit.
8. Tes tusuk.
Note:
Adonan agak cair, sebelum dioven ketuk ketuk dulu loyangnya untuk mengurangi udara dalam adonan.

bolu jerman 2

Bolu Jerman,

Tambahan dari saya

– oven saya panaskan 40menit sebelum memanggang. 190 derajat

– ngocok adonan 20menit di kecepatan mixer no 2

– saya pakai loyang bulat diameter 22cm. Sepertinya harus 20cm supaya agak tinggi kuenya ya hehe

Kalo yang lain semua plek ikutin resep. Yuk eksekusi. Gampil kok ☺

bolu jerman abang

Leave a comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *